Bahaya Tumor Di Rahim Jika Tidak Segera Diobati

Berikut ini bahaya tumor di rahim yang bisa terjadi jika tidak mendapatkan penanganan yang baik dan benar. Untuk itu sangat penting bagi anda yang saat ini terdeteksi adanya tumor di rahim anda untuk segera melakukan penanganan dan pengobatan agar bahaya yang ditimbulkan tidak terjadi.

Salah satu gangguan reproduksi yang sering terjadi dan dialami oleh banyak wanita adalah adanya pertumbuhan tumor jinak di rahim atau yang lebih banyak dikenal dengan penyakit miom.

bahaya tumor di rahim

Tumor jinak di rahim ( miom ) adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan sel otot rahim yang abnormal sehingga membentuk masa berupa benjolan ( daging jadi ) dalam rahim.

Tumor ini biasanya bersifat jinak sehingga tidak terlalu berbahaya, namun jika tidak mendapatkan penanganan maka bisa menimbulkan masalah dan keluhan pada penderita utamanya jika ukuran benjolan terus membesar.

Jikal hal tersebut terjadi maka jelas penanganan dan pengobatan harus segera dilakukan. Salah satu indikasi seseorang menderita penyakit tumor rahim yang masuk dalam kategori harus segera menemui dokter adalah timbulnya gejala berupa :

  • Masa menstruasi menyakitkan atau berlebih.
  • Rasa sakit atau nyeri pada bagian perut atau punggung bawah.
  • Rasa tidak nyaman, bahkan sakit, saat berhubungan seksual.
  • Sering buang air kecil.
  • Mengalami konstipasi.
  • Terjadi perdarahan pervaginam
  • Keluar cairan abnormal dari vagina,
  • Sering merasa nyeri perut terutama pada awal-awal siklus menstruasi,
  • Perut terasa tertekan,
  • Terasa benjolan keras di bagian perut.

Jangan dinanti-nanti segera hubungi dokter ketika beberapa gejala diatas sering anda alami mengingat hal tersebut merupakan gejala awal dari adanya tumor dalam rahim.

Bahaya Tumor Di Rahim

Adanya kelainan seperti tumor pada organ tubuh jelas akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan organ tersebut bahkan menimbulkan bahaya tanpa terkecuali rahim.

Dari beberapa sumber terpercaya yang kami jadikan panduan ada beberapa bahaya tumor di rahim yang bisa saja terjadi jika tidak diatasi dan diobati, yakni :

Anemia defisiensi besi

Anemia defisiensi besi adalah kondisi kekurangan nutrisi zat besi yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah atau yang lebih dikenal dengan kekuangan sel darah merah.

Selain menimbulkan rasa lemas, lelah dan lunglai serta bebagai gejala dan keluhan lainnya, anemia yang terjadi secara terus meneerus dapat mengakibakan terjadinya kerusakan pada organ penting dalam tubuh kita seperti : ginjal, jantung dan paru-paru.

Dalam kasus yang lebih parah anemia bisa menyebabkan penyakit gagal jantung dan ini jelas sangat berbahaya dan mematikan.

Kemandulan

Tumbuhnya tumor di rahim juga akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan sependeritanya sehingga penderita miom akan sulit untu hamil.

Bahkan jika ukuran tumor rahim yang diderita sudah besar maka bisa menyebabkan kemandulan sebagai akibat dari terhalangnya sel telur yang telah dibuahi untuk menempel pada dinding rahim atau menghalang sel sperma sehingga tidak bisa mencapai sel telur.

Gangguan Kehamilan

Selanjutnya bahaya tumor di rahim adalah penderita akan mengalami gangguan pada saat hamil, beberapa gangguan yang bisa saja terjadi pada masa kehamilan tersebut adalah berupa :

  • Meningkatkan resiko keguguran, hal tersebut bisa terjadi karena janin akan tertekan oleh jaringan tumor yang tumbuh pada rahim. Salah satu indikasi keguguran yang disebabkan oleh tumor adalah timbulnya rasa sakit pada bagian perut serta keluarnya darah pada lubang peranakan.
  • Dapat diturunkan ke janin, hasil study dan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa salah satu penyebab munculnya tumor adalah keturunan alias penyakit turunan. Jika pada saat ibu mengandung terkena penyakit tumor maka ada kemungkinan anak yang dikandung akan mengalami hal sama suatu saat nanti. Hal tersebut terjadi akrena sel tumor yang ada dalam rahim diturunkan melalui kode genetik pada anaknya.
  • Gangguan persalinan, seorang wanita hamil yang mengidap tumor beresiko mengalami gangguan pada saat persalinan. Tidak hanya itu kesehatan bayi yang dikandung juga bisa terganggu bahkan dapat mengalami kecacatan dan terkena penyakit lainnya serta kelahiran yang prematur.

Itukah beberapa bahaya tumor di rahim yang dapat saja terjadi, untuk itu jika saat ini anda menderita penyakit tumor rahim maka segera obati dan atasi sehingga hal-hal berbahaya tersebut bisa anda hindarkan.

Bonus : Cara Mengobati Tumor Rahim Tanpa Operasi

Demikianlah informasi tentang bahaya tumor rahim ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu dan menambah wawasan anda, terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa dishare jika anda rasa artikel sederhana kami bermanfaat, salam sehat !

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *